Mengapa sholat itu dikatakan sebagai tiang agama ?

Rukun islam ada 5 perkara yaitu sahadat,sholat,puasa zakat dan naik haji...
karena sholat termasuk merupakan rukun islam yang kedua maka sholat wajib hukumnya bagi semua umat muslim,apa lagi sholat fardu 5 waktu tidak boleh kita lewatkan.
.
Sholat merupakan tiang agama, yang berarti sholat dapat mengkokohkan keimanan seorang muslim...
jika seorang muslim tidak melakukan sholat dapat di katakan bahwa keimanannya mudah goyah...

mungkin analoginya dapat digambar seperti ini :
ibaratkan keimanan dan keislaman seseorang adalah sebuah pensil dan 5 rukun islam adalah kelima jari kita yang memegangnya agar keimanan dan keislaman kita tidak goyah apalagi jatuh..
coba sahabat semua mencobanya dengan memegang pensil dengan 5 jari .pensil itu akan tetap erat dan kokoh,begitulah keislaman seorang muslim sejatinya ...

kita mulai dari rukun islam yang paling akhir yaitu haji , haji diwajibkan bagi kaum muslimin yang mampu menjalankannya,dan banyak kaum muslimin yang tidak mampu atau belum mampu memenuhinya, coba sekarang sahabat semua melepas satu jari  (  jari kelingking ) ,apa yang terjadi ? ya..pensil itu tetap terpegang erat..

yang keempat zakat , tidak semua orang dapat menunaikan zakat karena zakat di wajibkan bagi para muzaki,
coba sahabat melepas kembali satu jari ( jari manis ) bagaimana kondisi pensil tadi ? hmmm..masih cukut erat kok..

yang ketiga puasa , banyak juga saudara kita yang tidak dapat menjalankan puasa karena memang sakit ( yang wajib di ganti ) ataupun karena malas.
.coba sekarang sahabat melepas kembali satu jari ( jari tengah) dari pensil tadi...gimana sekarang? yah...masih bisa sih tapi udah goyang-goyang....

nah sekarang yang dapat memegang pensil kita kita hanya 2 jari ( ibu jari dan telunjuk) atau keislaman kita hanya di jaga dengan sahadat dan sholat,bagaimana kondisinya?

sekarang jika sahabat semua tidak menjalankan sholat , bagaimana keislaman kita?
sekarang coba sahabat semua melepas satu jari lagi ( jari telunjuk )....
apa yang terjadi dengan pensil tadi?
apa yang terjadi dengan keimanan dan keislaman kita?
masih kah berdiri?


wallahualam...

" perintahkanlah anak-anakmu mengerjakan sholat di waktu usia mereka meningkat tujuh tahun dan pukullah ( kalau enggan melakukan sholat ) di waktu mereka meningkat usia sepuluh tahun". (HR. Abu dawud)





0 komentar:

Posting Komentar